KEWIRAUSAHAAN
Laporan Kegiatan Praktek Lapangan Penjualan Roti
Bakar
Di susun oleh :
SMK NEGERI 1
Pendahuluan
Dalam menghadapi tantangan
bisnis termasuk menghadapi customer maka sebagai mahasiswa kita juga
harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas akhir mata kuliah
kewirausahaan ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna
mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan. Usaha ini didasari
oleh tugas kelompok kelas Kewirausahaan dimana tugas ini dikerjakan secara
berkelompok, terdiri dari Efrianty Sitanggang, Chaerul Rizal, Sheila Tofani.
Usaha yang kami jalankan
merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap
individu untuk masa yang akan datang. Saat ini kami mencoba menawarkan roti
bakar di lingkungan Universitas Widyatama.
Tujuan usaha ini merupakan
sebuah pencapaian tujuan usaha yaitu profit, akan tetapi tidak hanya sekedar
profit saja yang kami coba temukan melainkan penekanan pada pengalaman sebuah
proses wirausaha. Karena melalui penjualan dan pemasaran ini kami dituntut
untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik
dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan
memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.
Pelaksanaan
Kegiatan
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat dalam waktu satu hari
yaitu :
Hari/Tanggal : Rabu, 14 Desember 2011
Waktu :
Pukul 08.00 – 13.00 WIB
Kegiatan ini kami lakukan di lingkungan kampus Universitas Widyatama dengan
target pemasaran adalah mahasiswa-mahasiswa, karyawan di Universitas Widyatama
itu sendiri. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam, kami mencoba menawarkan
produk kami ke berbagai kalangan yang ada di sekitar gedung C, gedung K, gedung
F, Kopma, Puslok (Pustaka Loka), UKM – UKM yang ada dan beberapa tempat lain di
lingkungan Universitas Widyatama.
Proses Produksi/ Proses perekrutan barang
Dalam proses pembuatan roti bakar ini, kami mengerjakannya di pagi hari sebelum
di jual dan dipasarkan. Bahan-bahan dibeli sehari sebelum kami mengerjakannya.
Adapun bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan yaitu :
Bahan :
Roti Sharon toas panjang 4 bungkus (isi 18
lembar) @Rp. 30.000,-
Selai Strawberry Paleta 250 gr @Rp. 5.500,-
Selai Blueberry Paleta 250 gr @Rp.5.500,-
Meses Ceres Classic 225 gr @Rp. 16.100,-
Keju Zeddar 250 gr @Rp. 15.000,-
Tissue suntiss 50 lembar @Rp. 2.000,-
Margarin blue band 200 gr @Rp. 5.000,-
Peralatan :
Panggangan roti, penjepit, piring tempat roti,
sendok makan.
Pemasaran
Proses pemasaran yang kami
lakukan yaitu dengan cara promosi langsung kepada customer, pada saat
roti dibakar, dua orang mencari pembeli dan menawarkannya, sehingga seteleh
roti matang pembeli bisa langsung menikmatinya. Selain mendatangi orang-orang
yang lagi duduk santai menunggu kelas atau hanya bercerita-cerita, kami juga
melakukan pemasaran melalui mobile, kami menawarkan roti bakar kepada
beberapa teman-teman yang kami kenal untuk membeli. Banyak yang datang untuk
mencoba roti bakar kami.
Dengan melakukan tahap-tahap diatas kami
berusaha untuk membujuk customer agar tertarik perhatiannya pada produk
sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian atau transaksi. Bahkan setelah
kami melakukan sosialisasi produk ada beberapa customer yang langsung
membeli. Kebanyakan dari customer kami adalah mahasiswa/i yang sedang
menunggu kuliah di lingkungan kampus Universitas Widyatama pada waktu pagi hari
karena kebanyakan mahasiswa-mahasiswa yang kuliah pagi hari tidak sempat
sarapan dari rumah, sehingga penjualan roti bakar pun dapat berjalan lancar dan
banyak yang beli.
Penjualan
Kegiatan penjualan merupakan kegiatan pelengkap atau suplemen dari transaksi,
oleh karena itu kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian yang meliputi,
menemukan si pembeli, pengenalan produk, negosiasi harga serta syarat-syarat
pembayaran. Penjualan yang kami lakukan merupakan sebuah rangkaian penjualan
produk dimana produk-produk tersebut merupakan produk pangan.
Dalam kegiatan ini kami mencoba menawarkan roti
bakar. Proses penjualan yang kami lakukan berdasarkan segmentasi, targeting
dan positioning yang dianalisis secara nalar. Oleh karena itu kami
melakukan penjualan kebanyakan pada Mahasiswa-mahasiswa yang kuliah pada pagi
hari karena kebanyakan dari mereka tidak sempat sarapan dari rumah sehingga
membutuhkan makanan berat untuk menambah energi.
Laporan
Keuangan Praktek Lapangan
|
||
Anggaran
|
Realisai
|
|
Roti
|
36.000
|
30.000
|
Selai Strawberry
|
6.300
|
5.500
|
Selai Blueberry
|
6.300
|
5.500
|
Meses
|
14.500
|
16.100
|
Keju
|
16.500
|
15.000
|
Tissue
|
4.500
|
2.000
|
Margarin
|
5.000
|
5.000
|
Jumlah
|
84.100
|
79.100
|
Modal :
|
|
Rp.30.000 x 3 orang
|
= Rp. 90.000,-
|
Realisasi
|
= Rp. 79.100,-
|
Sisa Modal
|
= Rp. 10.900,-
|
Tambahan Modal
|
= Rp. 24.000,-
|
Total sisa modal
|
= Rp. 34.900,-
|
Penjualan :
|
Roti yang terjual habis ada 36 lembar
roti x Rp. 3.000 = Rp. 108.000,-
|
modal yang keluar = Rp. 79.100,-
|
keuntungan penjualan = Rp. 28.900,-
|
Hasil dan Pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan sebuah pengalaman dan pembelajaran
untuk menjadi seorang Wirausaha yang handal disamping mendapatkan profit.
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya
kami, karena dengan melakukan kegiatan seperti ini maka kami mendapatkan sebuah
pengalaman untuk menjadi seorang Wirausaha, mempelajari bagaimana cara
menawarkan dengan baik dan berinteraksi dengan orang banyak. Dari keseluruhan
kegiatan yang kami lakukan maka kami dapat menganalisa usaha yang kami jalankan
sebenarnya cocok untuk dilaksanakan secara continue di dalam Lingkungan
kampus karena pasar yang potensial dan sangat menerima.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan
adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini.
Menawarkan dan menjual produk kepada mahasiswa memiliki banyak manfaat untuk
menjadi seorang wirausaha yang handal dan sukses. Bahkan dapat kami simpulkan
bahwa modal bukan lah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan
dan keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita
harus benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting
seperti segmentasi, target dan positioningnya.
Saran
Saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam perkuliahan kewirausahaan
selanjutnya kegiatan Praktek Lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan
ditingkatkan lebih lagi. Karena sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang
ingin menjadi seorang wirausaha yang handal. Kegiatan ini dapat menjadi proses
awal bagi mahasiswa sebelum terjun langsung di dunia bisnis. Dan peluang bisnis
yang mungkin sangat potensial di lingkungan Universitas Widyatama adalah bisnis
pangan, sehingga perlu dilanjutkan secara continue.
BY. PLENGKOT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar